Heboh 'Tenda Sakinah' Khusus Suami Istri di Lokasi Gempa Cianjur, Netizen : SOP Wajib

- Jumat, 2 Desember 2022 | 08:11 WIB
Tenda sakinah Cianjur, dibuat khusus untuk pasangan suami istri
Tenda sakinah Cianjur, dibuat khusus untuk pasangan suami istri
 
Frekuensi News - Kehadiran 'Tenda Sakinah' ditengah-tengah masa tanggap darurat gempa Cianjur menjadi sorotan.
 
Tenda Sakinah yang berlokasi di Desa Pasir Goong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur ini sengaja didirikan untuk memenuhi kebutuhan biologi pasangan suami istri.
 
Menurut sang pengagas Tenda Sakinah, Feri R Firdaus tenda ini didirikan setelah ada salah seorang warga Pasir Goong yang pulang kampung setelah merantau.
 
 
Setelah dua bulan jauh dari istri, naas kepulangannya ke kampung bertepatan dengan gempa Cianjur.
 
Karena rumah warga tersebut ikut rusak karena gempa, maka ia harus mengungsi bersama warga lain di tenda pengungsian di lapangan desa.
 
Menurut Feri didirikannya tenda sakinah untuk pasangan suami istri agar mereka bisa melepas rindu dan memenuhi kebutuhan biologisnya.
 
 
Mendengar keluh kesah warga tersebut akhirnya Feri berinisiatif mendirikan 'Tenda Sakinah' dari sebuah tenda milik Pramuka yang muat tiga hingga empat orang.
 
Menurutnya setelah tenda ini didirikan banyak tanggapan yang bertentangan dari warga karena mereka merasa hal ini masih dirasa tabu.
 
Namun seiring berjalannya waktu dan masa tanggap darurat bencana gempa Cianjur, warga belum bisa kembali kerumah pada akhirnya warga pun menerima.
 
 
"Warga pun akhirnya memahami karena ini kan salah satu kebutuhan biologis untuk pasangan suami istri," kata Feri (30/11/22).
 
Dia juga memastikan jikalau tenda ini akan dipergunakan sebagaimana mestinya, bukan oleh pasangan selain pasangan suami istri.
 
"Karena yang mengungsi di lapangan ini kan warga satu RT, tidak ada dari RT lain. Jadi saya tahu siapa-siapa saja pengungsi di sini," tutupnya.
 
Kehadiran Tenda Sakinah ini sudah mulai diketahui oleh masyarakat banyak. Banyak dari respon mereka yang merasa aneh bagaimana hal tersebut bisa terjadi.
 
 
Menurut beberapa netizen hal ini dirasa tidak pantas mengingat masih berada di lokasi pengungsian.
 
Tapi pada faktanya pendirian tenda seperti ini ternyata sudah menjadi SOP wajib disebuah lokasi bencana.
 
Selain kebutuhan makanan, kesehatan, pakaian, dan pendidikan, korban di suatu lokasi bencana juga berhak mendapatkan kebutuhan biologis bagi pasangan suami istri.
 
Hal itu lah yang juga harus di fasilitasi dan diperhatikan oleh para relawan.
 
"Tenda begini SOP wajib loh kak, kalo Kakak pernah jd relawan atau ikut pelatihannya, pasti dpt ilmu bahwa kebutuhan korban meliputi nutrisi, pakaian, medis, pendidikan, trmsuk biologis pasutri, dan semua itu wajib kita fasilitasi Kak," tulis salah satu netizen Twitter.***

Editor: Firmansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X