• Minggu, 4 Desember 2022

Kemendag Lakukan Pemusnahan Produk Impor Ilegal, Berapa Total Nilainya?

- Minggu, 25 September 2022 | 16:43 WIB
Ilustrasi Barang Impor . Produk impor dengan total miliaran telah dimusnahkan oleh Kemendag. ( Pixabay / PublicDomainPictures / Cover Both Side)
Ilustrasi Barang Impor . Produk impor dengan total miliaran telah dimusnahkan oleh Kemendag. ( Pixabay / PublicDomainPictures / Cover Both Side)

Frekuensi News – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan pemusnahan barang-barang impor illegal senilai total Rp11 miliar.

Pemusnahan dilaksanakan di kawasan pergudangan Jaya Park, Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu, 24 September 2022.

Pemusnahan ini adalah tindak lanjut pemeriksaan dan pengawasan tata niaga impor selepas melewati kawasan pabean (post-border).

Hal tersebut disampaikan Menteri Hasan Zulkifli Hasan pada keterangan tertulis yang diterima pada Minggu, 25 September 2022.

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Aries Besok 26 September 2022: Jangan Menahan Diri

“Pengawasan itu dilakukan pada Januari-September 2022 di wilayah kerja Balai Pengawasan Tertib Niaga Surabaya. Produk-produk tersebut terbukti diimpor secara illegal atau tidak berdasarkan regulasi impor,” ujar Zulkifli Hasan seperti dikutip oleh frekuensinews.com dari RRI.

Zulkifli menuturkan pemusnahan dilaksanakan atas 15 jenis produk impor, di antaranya kategori produk elektronik, kehutanan, plastik, dan pakaian.

Importir produk-produk tersebut tidak mempunyai perizinan impor yang dipersyaratkan.

Baca Juga: Prediksi Skor San Marino vs Estonia di UEFA Nations League, 27 September: Tim Tuan Rumah Kalah HEad to Head

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan  (Permendag) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Permendag Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Halaman:

Editor: Surya Egi Samfauzi

Sumber: RRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X